Jalan Sehat HUT RI 79

Pada kegiatan agustusan ini diadakan kegiatan jalan sehat. Jalan sehat diikuti oleh semua karyawan Mandala Trans. Kegiatan ini dibuat santai namun tetap bermakna, karena kegiatan ini masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 79.

Jalan sehat dengan rute sekitar wilayah Karanglo Singosari. Jalan sehat dengan  menempuh sekitar 3 KM tersebut memberikan nuansa tersendiri, karena kegiatan jalan sehat telah lama tidak diadakan oleh perusahaan.

Jalan sehat adalah olah raga yang mudah dan ringan dilakukan apalagi banyak manfaat diantaranya;

1 Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat jalan sehat adalah menurunkan berat badan. Namun pada kesempatan ini tujuan utamanya bukan untuk menurunkan berat badan namun lebih pada kegiatan santai dalam memerihkan HUT RI yang ke 79. Ada baiknya  jika kita mengetahui manfaat dari jalan sehat  kemudian kita melakukannya secara kontinou di rumah.

Diantaranya jika ingin menurunkan berat badan maka olah raga yang paling gampang dan mudah dilakukan adalah jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Namun demikian juga disarankan dengan melakukan pola makan sehat sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh kita.

2 Menjaga kesehatan jantung

Banyak organ tubuh yang membantu kelangsungan hidup  kita, salah satunya jantung yang mempunyai fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika kita melakukan jalan sehat maka sirkulasi darah dalam tibuh akan lancar. Jika rutin melakukannya setiap hari maka dapat menurunkan tekanan darah  dan kolestrol.

3 Menjaga daya tahan tubuh

Saat orang jarang  berolah raga apalagi mager atau tidak suka bergerak, bisa membuat orang mudah sakit karena daya tahan tubuh melemah.  Maka sebaiknya melakukan jalan sehat kurang lebih 30 menit setiap hari , bisa dilakukan di pagi hari sebelum berangkat jam kerja, atau sore hari.

Dengan rutin melakukan jalan sehat maka daya tahan tubuh akan meningkat dan tidak mudah terkena serangan penyakit.

4 Meningkatkan tulang otot

Jalan sehat secara rutin dapat meningkatkan tulang otot, apalagi saat usia sudah menginjak lansia. Dengan rutin berolah raga maka tubuh menjadi sehat dan mencegah  risiko terjadinya osteoporosis.

5 Mengurangi stres

Saat jalan santai seperti ini, tubuh mengeluarkan hormon endorphin, yang dapat mengurangi stress secara alami. Dengan suasana santai, nyaman dapat menghirup udara di persawahan dapat mengelola suasana hati dari stres dan rasa cemas.

Untuk itu penting sekali melakukan kegiatan jalan sehat seperti ini, karena manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Salam sehat selalu, semoga bermanfaat.

Referensi

https://www.alodokter.com/6-manfaat-jalan-santai-untuk-kesehatan-tubuh